Rabu, 17 November 2010

Strategi Pelayanan Publik CDC (Career Development Center) UNS sebagai Pusat Pengembangan Karir yang Responsif terhadap Pasar Kerja


A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pelayanan publik tidak terlepas dari dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi, yang merupakan institusi yang berperan sebagai sumber ilmu pengetauhan dan penghasil tenaga kerja terdidik. Kurikulum yang disajikan sebuah Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang terlaksana seharusnya mampu membekali kompetensi lulusan sesuai kebutuhan pasar kerja. Sementara, tuntutan pasar kerja semakin tinggi, namun jumlah lulusan perguruan tinggi semakin banyak. Hal ini akan membawa dampak pada persaingan dalam mencari kerja bagi lulusan sangat ketat. Sementra jumlah kesempatan kerja yang tersedia sangatlah tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Kondisi ini akan menyebabkan masa tunggu lulusan juga semakin panjang.

Diperkirakan satu lowongan pekerjaan diperebutkan oleh seribu pencari kerja, namun dari seribu yang ada diperkirakan hanya sektar seratus orang yang lolos ke seleksi tes berikutnya. Hal ini menunjukkan adanya gab atau perbedaan yang signifikan antara supply dan demand persyaratan atau kualifikasi yang ditentukan perusahaan dengan kompetensi para pencari kerja. UNS sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan mempunyai tanggungjawab moral untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pembekalan kompetensi lulusan dan informasi lowongan pekerjaan.
Untuk itu, UNS mendirkan sebuah pusat atau lembaga yang diberi nama CDC (Career Development Center) UNS yang bertujuan memenuhi kepentingan dan kebutuhan mahasiswa dan alumni. Diantaranya memberikan pelayanan-pelayanan dalam menjamin keterserapan lulusan UNS dalam pasar kerja, menyediakan informasi bagi mahasiswa dan alumni tentang lowongan pekerjaan yang terdapat dalam pasar kerja, menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni dalam menghadapi pasar kerja serta menyediakan program-program pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya alumni dan mahasiswa.


B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang permasalahan di atas, maka dapat ditarik suatu perumusan masalah sebagai berikut :
Bagaimana strategi pelayanan publik CDC UNS sebagai pusat pengembangan karir yang responsif terhadap pasar kerja ?

C. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk :
Mengetauhi strategi pelayanan publik CDC UNS dalam mengembangkan karir yang responsif terhadap pasar kerja.

D. MANFAAT PENELITIAN

Manfaat yang dapat diambil atau diperoleh dengan adanya penelitian ini adalah:
1. Bagi peneliti selanjutnya, dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dan wacana yang dapat dimanfaatkan dalam penelitian lebih lanjut mengenai strategi pelayanan publik CDC UNS sebagai pusat pengembangan karir yang responsif terhadap pasar kerja.
2. Mengnformasikan pada publik (mahasiswa dan alumni) mengenai pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh CDC UNS sebagai pusat pengembangan karir.